Secara berkelompok, bacalah sebuah karya ilmiah. Carilah karya ilmiah dari jurnal

Diposting pada

Secara berkelompok, bacalah sebuah karya ilmiah. Carilah karya ilmiah dari jurnal. Tentukanlah masalah-masalah pokok yang ada di dalamnya!

Jawaban
Karya ilmiah mengenai analisis kesalahan dalam berbahasa Indonesia di dalam karangan eksposisi siswa sekolah menengah ke atas.
• Masalah: Abstrak
Uraian penting: Penelitian kini telah memiliki tujuan untuk dapat mendeskripsikan sebuah kesalahan, penyebab kesalahan, dan upaya yang telah dilakukan oleh siswa dan juga guru dalam meminimalisir terjadinya kesalahan dalam berbahasa Indonesia dari siswa kelas 10.
• Masalah: Pendahuluan
Uraian penting: Dari berbagai macam permasalahan yang telah muncul seperti anggapan bahwa menulis yaitu merupakan sebuah beban yang dinilai berat bagi para siswa. Maka dari itu, diperlukanlah sebuah upaya untuk dapat meminimalkan terjadinya kesalahan bacaan tersebut.
• Masalah: Metode penelitian
Uraian penting: Penelitian ini yaitu berupa sebuah penelitian deskriptif kualitatif dengan mempunyai jenis penelitian atas studi kasus. Sumber data dan juga data yang telah digunakan pada penelitian ini telah berupa sebuah informan dan juga dokumen dengan menggunakan sebuah teknik purposive sampling.
• Masalah: Hasil penelitian
Uraian penting: Dari banyaknya aspek yang telah diteliti, peneliti ini memilih untuk lebih memfokuskan diri kepada masalah kebahasaannya.
• Masalah: Pembahasan
Uraian penting: Dalam penelitian ini, dapat diketahui bahwa kurangnya latihan telah menjadi sebuah penyebab atas terjadinya kesalahan dalam berbahasa Indonesia. Maka, pendekatan proses dalam melakukan pembelajaran menulis merupakan sebuah solusi yang dinilai tepat untuk dapat mengurangi terjadinya kesalahan dalam berbahasa.
• Masalah: Saran dan juga kesimpulan
Uraian penting: Untuk dapat meminimalisir terjadinya kesalahan dalam berbahasa maka hal yang dapat dilakukan yaitu memperluas kaidah kebahasaan, sering bertanya apabila telah mengalami kesulitan, sering berlatih menulis, dan lain-lain.

Pembahasan
Karya ilmiah yaitu ialah sebuah hasil penelitian yang di mana telah disajikan dengan menggunakan bentuk tertulis dan telah tersusun secara sistematis dengan berdasar kepada kaidah ilmiah yang telah berlaku.
Maka dari itu, di dalam sebuah karya ilmiah ini akan berisi dengan suatu informasi berupa hasil dari penelitian dan juga pengamatan. Dalam membuat sebuah karya ilmiah, maka seorang penulis ini harus dapat memperhatikan dari segi tata bahasa, teori yang telah digunakan, sistematika penulisan, dan juga metodologi penulisan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.