Peradaban Islam mulai masuk ke Nusantara secara cepat dan menggantikan

Diposting pada

Peradaban Islam mulai masuk ke Nusantara secara cepat dan menggantikan peradaban Hindu-Buddha. Ada beberapa metode yang digunakan dalam penyebaran Islam di Nusantara yaitu perdagangan, pernikahan, pendidikan, seni budaya, dakwah, dan tasawuf. Di antara metode penyebaran Islam di Nusantara, manakah yang paling memengaruhi penyebaran Islam? Jelaskan alasannya!

Jawaban
a. Perdagangan
Para pedagang menjalankan kewajiban untuk berdakwah dalam bentuk menyampaikan dan mengajarkan Islam kepada orang lain yang ditemuinya. Para pedagang muslim yang menetap di sekitar pelabuhan untuk membentuk perkampungan muslim.
b. Pernikahan
Metode pernikahan dilakukan dengan cara seorang yang telah memeluk agama Islam menikah dengan seorang yang belum menganut agama Islam. Sasaran utama menggunakan metode pernikahan adalah puteri raja dan bangsawan. Melalui metode pernikahan banyak raja dan bangsawan kemudian memeluk agama Islam.
c. Pendidikan
Pendidikan untuk menyebarluaskan agama Islam dilakukan dengan seorang murid atau santri yang berguru kepada seorang ulama di pesantren kemudian setelah cukup ilmunya dan lulus dari pesantren berdakwah ke daerah asal dan daerah lain yang belum memeluk Islam.
d. Seni Budaya
Seni budaya yang cukup sering digunakan oleh ulama dan wali dalam mendakwahkan Islam adalah dengan pagelaran wayang, upacara sekaten, seni pahat, seni ukir, seni tari, seni music dan seni sastra. Melalui kesenian yang sudah dipadukan dengan ajaranajaran Islam dan dikenal cukup menarik di masyarakat menjadi dakwah yang cukup efektif dalam menyebarkan Islam di daerah pedalaman.
e. Dakwah
Metode dakwah dilakukan oleh ulama dan wali dengan berdakwah ke kampung-kampung dan desa-desa untuk menyebarkan Islam. f. Tasawuf Metode tasawuf juga menjadi strategi dakwah yang efektif karena sesuai dengan kultur dari peradaban Hindu-Buddha di peradaban sebelumnya. Tasawuf yang menggunakan mistiikasi mudah dipahami oleh orientasi dari masyarakat Nusantara yang berorientasi kepada kebudayaan Hindu-Buddha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.