Pada saat ini, hampir semua orang sudah memanfaakan jaringan media sosial seperti

Diposting pada

Pada saat ini, hampir semua orang sudah memanfaakan jaringan media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan sebagainya untuk berbagai kepentingan. Akan ada pula orang yang memanfaatkan media sosial untuk melakukan kejahatan. Tidak jarang saat ini, sering terdengar kasus penipuan, penculikan dan sebagainya yang berawal dari interaksi di media sosial. Berkaitan dengan uraian tersebut analisislah penyebab dan solusi untuk mengatasi persoalan itu.

Jawaban
Perkembangan teknologi internet berupa media sosial yang berperan penting sebagai media interaksi sosial jarak jauh, media sosial secara umum digunakan untuk mempermudah interaksi dengan orang jarak jauh melalui chat maupun interaksi di status sosial dan cara lainnya. Pentingnya media sosial tersebut tidak selalu digunakan untuk hal-hal seharusnya sebagai fungsi media sosial, dari hal tersebut menyebabkan banyak penyimpangan seperti penipuan, penculikan serta penganiayaan dan hal lainnya. Maka berikut analisis penyebabnya dan solusinya:

• Analisis penyebab penyimpangan
Penipuan, pembunuhan dan penculikan bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti penipuan disertai berita hal-hal bohong untuk tujuan mendapatkan uang maupun tujuan tertentu, pembunuhan bisa disebabkan oleh kebencian melalui interaksi media sosial maupun dari pribadi yang menyimpang pelaku dan untuk penculikan disebabkan oleh beberapa hal seperti penipuan dari media sosial untuk tujuan mencuri, dendam pribadi. Penyebab semua tersebut secara umum dikarenakan tidak digunakan fungsi media sosial secara bijak dan baik.

• Solusi
1. Gunakan media sosial dengan bijak dan baik agar tidak terjadi penyimpangan melalui interaksi jarak jauh dengan media sosial.
2. Waspada terhadap berita-berita yang menarik dengan mengecek faktanya terlebih dahulu sehingga meminimalisisr terjadinya penipuan.
3. Kurangi dan gunakan media sosial secukupnya, hal ini dikarenakan media sosial bisa membuat orang semakin malas karena hiburan dan informasi baik maupun yang menipu mudah didapat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.