Pada saat ini, di setiap daerah baik wilayah perkotaan maupun pedesaan banyak berdiri toko-toko

Diposting pada

Pada saat ini, di setiap daerah baik wilayah perkotaan maupun pedesaan banyak berdiri toko-toko swalayan seperti supermarket dan minimarket. Hal tersebut tentu saja akan berpengaruh terhadap perekonomian daerah tersebut. Selain itu, kehadiran supermarket dan minimarket juga akan berpengaruh terhadap keberadaan pasar atau warung tradisional. Berkaitan dengan hal tersebut, coba kalian lakukan analisis terhadap hal tersebut.
Analisis saya:

Jawaban
Supermarket dan minimarket menjadi menarik bagi konsumen (pembeli) karena supermarket dan minimarket tersebut lebih bersih dan nyaman bagi pembeli, serta lebih lengkap jenis barang yang dijualnya. Kehadiran pasar modern tersebut dapat memunculkan iklim persaingan yang tidak sehat yang merugikan pasar atau warung tradisional.

Menghadapi ancaman ini, untuk bisa bertahan dari persaingan dengan supermarket dan minimarket ini, maka pasar atau warung tradisional harus memiliki keunggulan yang bisa menarik konsumen.

Pasar tradisional misalnya harus berbenah dengan melakukan penataan agar menjadi bersih, rapi dan nyaman bagi konsumen untuk berbelanja. Ini penting karena saat ini banyak konsumen yang tidak mau pergi berbelanja ke pasar tradisional karena kotor, becek dan jorok.

Pedagang di pasar atau warung tradisional harus juga memperhatikan kualitas barang yang dijual. Misalnya, bila sayuran yang dijual di pasar atau warung tradisional tidak segar atau tidak bersih, maka konsumen juga akan malas membelinya.

Dari segi harga, pasar atau warung tradisional dapat menyaingi harga di supermarket dan minimarket, karena iaya operasi yang leih rendah, dan ini bisa digunakan untuk menarik konsumen agar berbelanja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.