Nah, setelah kalian membaca uraian di atas, coba kalian bersama teman sebangku melakukan penilaian

Diposting pada

Nah, setelah kalian membaca uraian di atas, coba kalian bersama teman sebangku melakukan penilaian atas strategi yang diterapkan bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman terhadap integrasi nasional! Informasikan hasil penilaian kelompok kalian kepada kelompok lainnya!

Jawaban
Strategi yang diterapkan bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman terhadap integrasi nasional antara lain ialah sebagai berikut ini :
1. Ancaman Militer : Bentuk strategi yang dilakukan ialah menerapkan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta atau bisa disebut dengan sishankamrata. Indikator keberhasilannya ialah keamanan di wilayah Indonesia relatif terkendali, hal ini dikarenakan adanya kerjasama yang erat antara TNI dan Polri dengan rakyat.

2. Ancaman bermuatan ideologi : Bentuk strategi yang dilakukan ialah menerapkan sistem upacara pancasila kepada rakyat semesta. Indikator keberhasilannya ialah upacara di Indonesia selalu dilakukan setiap hari senin agar selalu diingat perjuangan kepada bangsa Indonesia ini.

3. Ancaman bermuatan politik : Bentuk strategi yang dilakukan ialah menerapkan sistem pemerintahan Indonesia terhadap seluruh rakyat Indonesia. Indikator keberhasilannya ialah pemerintah Indonesia sudah berusaha sebaik mungkin untuk rakyatnya meskipun sebagian rakyat pemerintahannya korupsi.

4. Ancaman bermuatan ekonomi : Bentuk strategi yang dilakukan ialah menerapkan sumber daya alam yang ada di Indonesia dengan cara bagaimana pemanfaatannya dan pengolahannya. Indikator keberhasilannya ialah sumber daya alam di Indonesia sudah memenuhi kebutuhannya meskipun banyak juga yang menyalahgunakan sumber daya alamnya dan masih import dan eksport ke luar dan dari luar negeri.

5. Ancaman bermuatan sosial budaya : Bentuk strategi yang dilakukan adalah menerapkan sistem budaya mulai dari budaya daerah sampai budaya nasional yang ada di Indonesia dan bagaimana cara melestarikannya agar tidak punah atau hilang ditimpa dengan jaman modern. Indikator keberhasilannya ialah budaya di Indonesia kadang diatas kadang juga dibawah, jangan sampai hilang dari budaya kita apalagi dari budaya daerah sendiri dan juga sampai budaya Indonesia sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.