Jawaban Buku IPA Kelas 8 Mari Uji Kemampuan Kalian Hal 188 Kurikulum Merdeka

Diposting pada

Mari Uji Kemampuan Kalian Hal 188 IPA Kelas 8

1. Mengapa Alfred Wagener mengajukan teori Pangea? Apakah teorinya langsung diterima oleh pada ilmuwan? Uraikan bukti-bukti dari teorinya ini. 

2. Jelaskan arus konveksi yang menyebabkan pergerakan lempeng kepada adik, kakak, orang tua, atau saudaramu. 

3. Perhatikan gambar peta bumi di bawah ini. Tanda panah menunjukkan gerakan lempeng. Identifikasilah di bagian mana sajakah gerakan lempeng konvergen, divergen, dan transform yang terjadi.

4. Coba lakukan observasi di daerah/provinsi tempatmu tinggal, apakah ada bukti pergerakan lempeng? Kamu dapat melakukan studi literatur atau wawancara dengan orang tua mengenai peristiwa alam yang pernah terjadi sebelum kamu lahir. 

5. Pemerintah ingin membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) pertama di Indonesia sebagai sumber energi listrik karena ketersediaan minyak bumi di Indonesia yang semakin berkurang. PLTN ini menghasilkan energi listrik yang besar, murah, dan aman apabila ditempatkan di wilayah yang tidak memiliki pergerakan lempeng atau potensi gempa. Buatlah tulisan untuk memberikan informasi pada pemerintah, di provinsi mana PLTN ini dapat dibangun dengan menyebutkan alasan-alasanmu.

Jawaban Mari Uji Kemampuan Kalian Hal 188 IPA Kelas 8

1. Jawaban yang diberikan dapat bervariasi seperti cerita penemuan teori Wegener di atas. Bukti-bukti menyangkut penyebaran fosil binatang purba dan tanaman, struktur dan umur batuan di pegunungan Amerika Utara dan bagian utara sebelah barat Eropa, demikian juga gunung-gunung di Afrika dan Amerika Selatan. 

2. Dikerjakan di rumah setelah aktivitas siswa mendalami penyebab lempeng bergerak 

3. Lempeng yang bergerak secara konvergen: Lempeng Eurasia dengan Pasifik, lempeng Indo-Australia dengan Eurasia, lempeng Pasifik dengan Indo-Australia dan lempeng Fiji denganb Pasifik. Gerakan divergen: lempeng Amerika Selatan dengan Afrika, lempeng Afrika dengan Indo-Australia, Lempeng Eurasia dengan Amerika Utara, Lempeng Afrika dengan antartika, Lempeg pasifik dengan Nazca. Gerakan transform: Lempeng Amerika Utara dengan Juan De Fuca 

4. Jawaban bervariasi tergantung keadaan daerah tempat tinggal pelajar. 

5. Tulisan bervariasi merujuk pada provinsi/kota/daerah yang tidak merupakan pertemuan lempeng, seperti Kalimantan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.