Carilah naskah drama di majalah, buku, ataupun yang ditonton! 2. Tentukanlah bagian-bagian penting

Diposting pada

1. Carilah naskah drama di majalah, buku, ataupun yang ditonton!
2. Tentukanlah bagian-bagian penting yang ada di dalam naskah tersebut, yaitu tema, alur, tokoh, latar, amanat, dan maksud penulis membuat naskah drama tersebut!
3. Berilah pendapat mengenai isi naskah drama tersebut!

Jawaban
1. Tema dari drama adalah keadaan ekonomi, yakni kondisi ekonomi yang kekurangan. Hal tersebut dapat dilihat dari petikan dialog tokoh Suminto; Bagaimana tidak lesu, gaji pegawai rendah seperti saya ini sangat tidak seimbang dengan harga-harga di pasar. Gaji yang saya terima sekarang cuma bisa untuk hidup sepuluh hari saja, yang dua puluh hari mesti harus ditutup dengan utang, meminjam, kalau perlu menjual barang yang layak dijual …
2. Alur yang digunakan pada drama tersusun secara maju dimana isi ceritadisampaikan dengan kronologi cerita dari waktu yang lampau menuju waktu kedepan.
3. Penokohan dalam drama terdapat beberapa tokoh dengan berbagai karakter penokohannya, yang mencerminkan letak posisi tokoh dalam cerita. Salah satu contoh karakter tokoh dari drama adalah sifat kejujuran yang dimiliki oleh tokoh Suminto.
4. Latar tempat dalam naskah drama adalah rumah Suminto. Adapun latar waktu dan suasana dalam cerita adalah pada waktu pagi hari yang sepi di hari Minggu.
5. Amanat atau pesan yang dapat diambil dari petikan naskah drama di atas di antaranya, yaitu seseorang harus bijaksana dalam menyikapi tuntutan kehidupan terkait dengan keadaan ekonomi yang kekurangan.
6. Maksud yang ingin disampaikan penulis dalam drama adalah agar setiap orang bijaksana dalam menyikapi tuntutan kehidupan terkait dengan keadaan ekonomi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.